Jumat, 20 November 2015

Peran dan Kegunaan Sejarah_Suatu Analisis

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai bahwa orang baru menyadari peran penting pengetahuan sejarah setelah mereka mampu menduduki posisi penting dalam birokrasi pemerintahan. Juga orang yang telah mampu mencapai kesuksesan dalam perjalanan hidupnya dalam segala aspek kehidupan. Seorang birokrat akan menjadi figur yang unik dan cukup mengherankan jika ia tidak memahami sejarah perjalanan bangsanya. Ia akan mengalami kedulitan dalam mengatasi masalah sosial, ekonomi dan politik dalam masyarakat. Seorang duta besar akan mengalami kesulitan atau melakukan kesalahan diplomatik karena kurang memahami sejarah dan nilai yang berkembang di negara dimana ia bertugas.

Terkait dengan arti penting sejarah dalam kehidupan dewasa ini, dapat dikemukakan bahwa sejarah memiliki peran sebagai berikut :

1. Memberikan kesadaran waktuKesadaran waktu adalah kesadaran bahwa kehidupan dengan segala perubahan terus berjalan melewati waktu. Kesadaran ini dikenal sebagai kesadaran adanya gerak sejarah. Dengan memiliki kesadaran sejarah yang baik, seseorang atau masyarakat akan senantiasa berupaya mengukir sejarah kehidupannya dengan sebaik mungkin.

2. Memberikan teladan yang baikMempelajari sejarah kehidupan tokoh masyarakat, memberikan pelajaran yang baik bagi kita saat ini. Sikap dan perjuangan mereka dapat memberikan keteladanan yang baik, sehingga nama dan hasil perjuangannya patut dikenang hingga kini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa pahlawannya.

3. Memberikan pelajaran yang baikDengan mempelajari sejarah, seseorang/ bangsa akan bercermin atau melakukan penilaian baik peristiwa yang merupakan prestasi maupun kegagalan. Peristiwa di masa lampau, baik positif maupun negatif, dapat diambil hikmah agar kesalahan dan kekurangan yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

4. Memperkokoh rasa kebangsaan/ nasionalismeSuatu bangsa merupakan kelompok manusia yang ditinjau dari berbagai segi memiliki banyak perbedaan. Proses terbentuknya bangsa disebabkan adanya kesamaan sejarah besar di masa lampau dan kesamaan keinginan untuk membuat sejarah besar di masa yang akan datang. Perjalanan panjang suatu bangsa dapat menjadi ingatan kolektif yang dapat menimbulkan rasa solidaritas dan mempertebal semangat kebangsaan.

5. Memberi ketegasan identitas nasional dan kepribadian suatu bangsaKepribadian dan identitas nasional suatu bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah bangsa itu sendiri. Setiap bangsa memiliki pengalaman sejarah yang berlainan, sehingga kepribadian suatu bangsa akan berlainan pula. Dengan mempelajari sejarah akan lebih memperjelas identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa. David Gordon menekankan bahwa sejarah merupakan pengalaman kolektif suatu bangsa pada masa lampau.

6. Sumber inspirasiPengetahuan dan cita-cita manusia pada masa lampau dapat menjadi sumber inspirasi dalam rangka menumbuhkan cita-cita masa depan. Travelyan menyatakan di dalam pendidikan dan usaha menumbuhkan cita-cita masa lampau meurpakan sumber ilham/ inspirasi yang penting.

7. Sarana rekreatifSejarah dalam bentuk kisah/ cerita sering menjadi sumber bacaan yang menarik, apalagi dikemas dengan gaya bahasa yang memikat. Karya sejarah dapat menghibur karena dapat menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar